HELLO WORLD PROFILE

TUTORIAL HELLO WORLD BERISI PROFIL DIRI DENGAN BLUEJ

Sesuai judul yang saya tulis, di sini saya akan menjelaskan bagaimana membuat sebuah program menggunakan software BlueJ. Sebelumnya saya akan membahas apa itu BlueJ dan bahasanya.

BlueJ adalah lingkungan pengembangan terintegrasi untuk bahasa pemrograman Java. Software ini dikembangkan terutama untuk tujuan pendidikan, tetapi juga cocok untuk pengembangan perangkat lunak skala kecil. IDE ini dikembangkan oleh Michael Kölling pada tahun 1999 dan terus dikembangkan sampai sekarang berkat dukungan dari Sun Microsystem (sekarang Oracle) dan University of Kent.

Java merupakan bahasa bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi pada object dan program java tersusun dari bagian yang disebut dengan Class. Class terdiri dari metode- metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya.

Berikut saya akan paparkan langkah-langkahnya.

  • Buat New Project
Langkah pertama adalah membuat project baru di software BlueJ yang sudah kita instal. Setelah kita membuka aplikasi, akan muncul halaman awal. Klik project lalu new project di pojok kiri atas halaman awal. Lalu beri nama project sesuai apa yang kita ingin dan pilih lokasi penyimpanan. Klik OK.



  • Buat New Class
Selanjutnya kita menambahkan class pada project dengan cara klik new class pada button yang berada di sebelah kiri atas atau dengan klik edit lalu new class atau bisa juga dengan klik tombol CTRL + N pada keyboard. 



Karena kita membuat project hello world yang berisi profil diri, maka kita membuat dua class, yaitu HelloWorld dan Profil. Kemudian kita kaitkan keduanya dengan klik tanda panah yang ada di kiri atas.



  • Buat Program (Source Code)
Klik dua kali pada setiap class sehingga muncul sebuah source code seperti di bawah ini.

Class HelloWorld

 Class Profil


Lalu hapus source code tersebut dan kita ganti dengan code yang kita buat sesuai yang kita inginkan dengan bahasa pemrograman Java

HelloWorld.Java

Profil.Java



  •  Jalankan Program
Setelah kita membuat code untuk class HelloWorld dan Profil, compile masing-masing untuk mengetahui apabila terdapat eror. Lalu close class yang kita buat seperti di bawah ini.

Kemudian klik kanan pada class HelloWorld hingga terdapat method lalu klik void main (String[] args) untuk mengeksekusi program. Klik OK.

Setelah itu akan muncul output program yaitu Hello World yang berisi profil diri seperti di bawah ini.


Sekian tutorial yang bisa saya paparkan, apabila terdapat kesalahan atau kirtik dan saran silahkan komentar di kolom yang sudah disediakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INHERITANCE DATABASE

Website (Profile) Framework CodeIgniter

Dynamic Currency Converter